Find Us On Social Media :

Bisa Jadi Senjata Makan Tuan, Cara China Dapatkan Hati Negara ASEAN Disorot Sejumlah Pakar, Collin Koh: Faktor Ini Tidak Bisa Dikesampingkan

Bendera China

GridHot.ID - China memperkuat hubungannya dengan negara-negara anggota Asean pada akhir tahun 2020.

Melansir Intisari Online, China, Asean, dan negara-negara Asia Pasifik membuat kesepakatan perdagangan dengan nama RCEP.

Hal tersebut memperkuat sinyal bahwa China telah siap bekerjasama dengan tetangganya untuk menciptakan zona bebas senjata nuklir di Asia Tenggara.

Pengamat pun mengurai pendapatnya.

Menurut mereka, hal tersebut merupakan aksi China dalam persaingannya dengan AS, dengan berupaya memperluas pengaruh mereka di wilayah yang bersangkutan.

Baca Juga: Dalam Setahun Kasus Corona Makin Meledak di Banyak Negara Namun Tidak China, Negeri Panda pun Dicurigai Sembunyikan Informasi Soal Epidemi Covid-19, Auto Jadi Musuh Seluruh Dunia Jika Terbongkar

Meski begitu, mungkin hal tersebut dapat menjadi cara Asean untuk membungkam China.

Dua puluh lima tahun yang lalu, Pakta Zona Bebas Senjata Nuklir di Asia Tenggara telah ditandatangani oleh 10 anggota Asean.

Pakta ini ditandatangani untuk menciptakan wilayah Asean yang bebas senjata nuklir serta menjadi sekutu netral di kompetisi negara-negara besar.

Negara kekuatan nuklir seperti China dan AS bebas tandatangani protokol yang menyebutkan tidak akan melanggar pakta tersebut tapi sejauh ini tidak ada dari mereka yang sudah melakukannya.

Hal ini sebagian besar dikarenakan atas perbedaan mengenai jaminan keamanan dan definisi teritori tersebut, serta utamanya karena sengketa Laut China Selatan.

Baca Juga: Bikin AS Medadak Mati Kutu, China Lempar Balasan Telak untuk Kuasai Perang Dagang, Kedigdayaan Amerika Bakal Meredup karena Satu Pasal Ini!