Find Us On Social Media :

Bak Kena Durian Runtuh, China dan Rusia Senyum Lebar Dibalik Tertekannya AS Hadapi Sanksi untuk Iran, Lengah Sedikit Bisa Hancur

(ilustrasi) China

Gridhot.ID –  Amreika Serikat yang dikenal dengan negara digdaya kekuatan militernya kini sedang bernasib apes.

Pasalnya, sanksi selama 4 tahun terakhir yang menimpa AS untuk Iran menjadikan musuh-musuhnya bak ketiban durian runtuh.

China dan Rusia pun berusaha untuk mengeksploitasi permusuhan kolektif ini terhadap Amerika Serikat dengan menawarkan jalur kehidupan ekonomi, teknologi canggih, dan program pelatihan militer ke Caracas dan Teheran yang menyimpang dari sanksi AS.

Baca Juga: Diciduk di Hotel Bersama Pria, Artis TA Ternyata Punya Tarif Tak Main-main, Polisi: Berdasarkan Keterangan Tersangka dan Saksi Senilai Rp 75 Juta

Selain itu, pandemi virus korona yang sedang berlangsung telah memberi Beijing dan Moskow pengaruh lebih besar dalam urusan domestik Venezuela dan Iran karena mereka sangat bergantung pada bantuan China dan Rusia.

Sementara peningkatan keterikatan ekonomi dengan Venezuela dan Iran dapat mengikat China dan Rusia dengan kewajiban keuangan, hal itu memberikan pengaruh geopolitik yang didambakan untuk lindung nilai yang lebih besar terhadap Amerika Serikat dan rezim sanksinya.

Menurut Program Pangan Dunia PBB, sekitar sepertiga dari total penduduk Venezuela rawan pangan.

Baca Juga: Terbongkar, Aura Kasih Ajukan Gugatan Cerai Karena Eryck Amaral Sudah 10 Bulan Tidak Pulang ke Rumah: Aku di Sini Sendirian Sama Baby

Meskipun hiperinflasi dan pengelolaan dana nasional yang buruk sebagian besar bertanggung jawab atas perselisihan ekonomi negara, sanksi sepihak AS telah memperburuk situasi.

Khawatir meningkatnya dukungan domestik untuk lawan politik yang didukung AS Juan Guaidó dan intervensi militer AS, pemimpin tidak sah Venezuela Nicolás Maduro secara konsisten menolak bantuan kemanusiaan dari Amerika Serikat.