Find Us On Social Media :

6 Bulan Pasca Terinfeksi, Pasien Covid-19 Masih Alami Gejala, Ini Efek Jangka Panjang yang Sering Dialami Penyintas Corona

Foto yang dirilis Xinhua menunjukkan petugas medis dengan APD melakukan tes swab ke para warga Shijiazhuang di provinsi Hebei, China, Rabu (6/1/2021).

Gridhot.ID - Sebagian besar pasien yang pernah terinfeksi Covid-19 masih mengalami gejala, bahkan setelah dinyatakan sembuh.

Berdasarkan sebuah penelitian di China, sebagian besar mengalami gejala seperti kelelahan dan kesulitan tidur setelah 6 bulan terinfeksi.

Studi terhadap lebih dari 1.700 pasien yang dirawat di kota Wuhan di China menunjukkan 76% diantara mereka menderita setidaknya satu gejala berbulan-bulan setelah keluar dari rumah sakit.

Baca Juga: Parah! Demi Promo Tiket Gila-gilaan Seharga Rp 10 Ribu, Pengunjung Geruduk Waterboom Lippo Cikarang, Satgas Covid-19 Langsung Turun Tangan

Penelitian itu juga menemukan bahwa orang yang pulih dari Covid-19 dapat menderita dampak kesehatan jangka panjang dari serangan mereka dengan virus corona, yang telah menginfeksi lebih dari 90 juta orang di seluruh dunia.

Studi tersebut diterbitkan Jumat pekan lalu di jurnal medis The Lancet yang dikutip CNN.

Ditemukan bahwa kelelahan dan kesulitan tidur adalah gejala pasca Covid-19 yang paling umum, terjadi pada 63% dan 26% pasien, masing-masing 6 bulan setelah dimulainya diagnosis awal.