Find Us On Social Media :

Aktivitas Kegempaan Tinggi, BMKG Minta Masyarakat Waspada: Hampir Semua Pantai di Jawa Barat Berpotensi Terkena Tsunami

Gempa bumi

GridHot.ID - Aktivitas kegempaan di Indonesia terbilang cukup tinggi di awal tahun 2021.

Bayangkan saja, hingga 24 Januari 2021, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah mencatat 79 aktivitas kegempaan.

Hal itu diungkap oleh Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah II Hendro Nugroho, dalam konferensi pers yang digelar secara daring, Minggu (24/1/2021).

"Hanya empat (gempa) yang terasa di Banten, Sukabumi, dan Tasikmalaya," sebut Hendro dikutip dari Kompas TV.

Baca Juga: Dianggap Tak Biasa, Indonesia Sudah Diguncang 52 Gempa Bumi dalam Kurun Waktu 20 Hari, BMKG Imbau Masyarakat Selalu Waspada

Dengan potensi kegempaan yang hanya terasa di empat daerah di Jawa Barat, Hendro meminta masyarakat di pesisir meningkat kewaspadaan.

"Hampir semua pantai di Jawa Barat berpotensi terkena tsunami," ujarnya.

Aktivitas kegempaan yang cukup tinggi ini telah diungkap sebelumnya oleh Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers secara virtual, Sabtu (23/1/2021).

"Untuk sementara ini kami melihat adanya tren aktivitas kegempaan di wilayah Indonesia," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi secara virtual, Sabtu (23/1/2021).

Baca Juga: Buat Peserta Rapat Pleno Pemkot Bitung Berhamburan, Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Perbatasan Sulut dengan Filipina, Wilayah Talahud Gelap Gulita