Find Us On Social Media :

Penelitian Sebut Laki-laki yang Terpapar Virus Covid-19 Akan Mempengaruhi Kesuburan Sperma? Begini Penjelasannya

Sebuah Penelitian Baru Menyebutkan 'Laki-laki yang Terinfeksi Covid-19 Akan Mempengaruhi Kualitas Sperma dan Kesuburan' Benarkah? Begini Kata Para Ahli..

GridHot.ID - Seorang pria yang terinfeksi virus covid-19 rupanya dapat mempengaruhi kualitas spermanya.

Hal tersebut diungkap oleh jurnal Reproduction, seperti pada sebuah penelitian baru yang telah mereka terbitkan.

Rupanya penelitian ini adalah laporan pertama yang menyebutkan jika paparan virus covid-19 dapat merusak kualitas sperma seorang laki-laki.

"Hingga sekarang, laporan ini memberikan bukti langsung pertama bahwa infeksi Covid-19 merusak kualitas air mani dan potensi alat reproduksi pria," tulis studi tersebut, dilansir dari CNN, 30 Januari 2021.

 Baca Juga: Usut Dugaan Bancakan Korupsi Bansos Eks Menteri Juliari Batubara, KPK Pakai Strategi 'Makan Bubur dari Pinggir', Begini Penjelasan Ali Fikri

Penurunan kualitas air mani

Melansir Daily Mail, para ahli di Justus-Liebig University di Giessen, Jerman, meneliti 84 pria yang terinfeksi Covid-19 dan 105 subjek kontrol negatif virus yang sesuai usia.

Penelitian dilakukan dengan menganalisis air mani pada interval 10 hari selama 60 hari.

Studi menemukan adanya penurunan kualitas air mani yang signifikan hingga 60 hari setelah sakit.

Saat para peneliti membandingkan kedua kelompok dalam studi, ditemukan bahwa indikator yang dapat menurunkan kualitas sperma secara signifikan lebih umum di antara pria yang menderita Covid-19.

 Baca Juga: Detik-detik Petugas Ambulan Dipukul Keluarga Gara-gara Jenazah Covid-19 Tertukar Terbongkar, Korban Sampai Pingsan Dihajar di Tempat, Keamanan Hanya Bisa Diam Tak Berkutik

Indikator tersebut termasuk tanda-tanda pembengkakan, kematian sel sperma, dan stres oksidatif, yakni saat bahan kimia yang mudah menguap menumpuk di jaringan hidup karena sel tidak bekerja dengan baik.