Find Us On Social Media :

Bak Tak Punya Perasaan Bersalah! Saat Seluruh Dunia Fokus Perangi Pandemi Covid-19, Tiongkok Malah Bangun Pangkalan Militer Besar-besaran di Laut China Selatan, Filipina hingga Indonesia Nyatakan Keprihatian

Laut China Selatan

GridHot.ID - Laut China Selatan merupakan laut tepi, bagian dari Samudra Pasifik, yang membentang dari Selat Karimata dan Selat Malaka hingga Selat Taiwan dengan luas kurang lebih 3500000 kilometer persegi.

Mengutip Wikipedia, Laut China Selatan memiliki potensi strategis yang besar karena sepertiga kapal di dunia melintasinya.

Laut China Selatan juga memiliki kekayaan makhluk hidup yang mampu menopang kebutuhan pangan jutaan orang di Asia Tenggara sekaligus cadangan minyak dan gas alam yang besar.

Lantas bagaimana kondisi Laut China Selatan sekrang?

Baca Juga: Titik Ketegangan Laut China Selatan Nyaris Memuncak, Pasukan AS Berpapasan Langsung dengan Militer Beijing, Laksamana Muda James Kirk: Kemampuan Mereka Makin Berani

Melansir Express.co.uk, Laut China Selatan bisa menjadi tempat perselisihan lebih lanjut. Pasalnya, China saat ini telah meluncurkan kembali upaya untuk menambah kemampuan militernya.

Laut China Selatan telah menjadi pusat perselisihan internasional antara China dan beberapa negara lain di kawasan Pasifik Barat selama beberapa dekade.

Beijing mengadopsi sikap yang semakin konfrontatif untuk mempertahankan klaim kedaulatannya, yang berulang kali memicu ketakutan akan bentrokan internasional.

Sebab, AS memainkan peran penting sebagai sekutu di kawasan tersebut.

Baca Juga: Bakal Jadi Perang Besar, 2 Kubu Aliansi Militer Besar Berkumpul di Laut China Selatan, China Ajak Rusia dan Iran Bersekutu Tantang Amerika Serikat