Find Us On Social Media :

Terungkap! Begini Cara KKB Papua Serang Aparat Gabungan TNI-Polri, Kolonel Czi IGN Suriastawa: Jangan Dibayangkan Seperti Foto Mereka di Medsos

KKB Papua

GridHot.ID - Pemberitaan mengenai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua cukup menarik perhatian khalayak akhir-akhir ini.

Memang apa sebenarnya KKB?

Melansir Warta Kota, KKB merupakan sebutan bagi penegak hukum Indonesia untuk kelompok militan yang mengatasnamakan diri mereka sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).

Tokoh masyarakat Papua, Michael Menufandu, mengatakan ada perbedaan antara KKB dengan Kelompok Separatis Bersenjata (KSB).

"KKB itu istilah yang dipakai oleh polisi supaya bisa anggap ini kejadian kriminal, jadi pakai KKB," kata Menufandu, pada 2018 lalu.

Baca Juga: Sok-sokan Nantang Adu Tembak, 1 Anggota KKB Papua Justru Langsung Temui Ajalnya Lewat Timah Panas Yonif Raider 715/MTL Kostrad, Begini Kehebatan Mereka Jaga Kedaulatan Indonesia

Sedangkan istilah KSB sering kali digunakan oleh TNI.

"Kalau disebut separatis itu berarti harus (dihadapi secara) militer," ujarnya.

Lantas seberapa besar kekuatan KKB ketika melakukan serangan gerilya terhadap aparat gabungan TNI-Polri?

Mengutip Kompas TV, Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa menerangkan, dalam melakukan serangan, KKB yang berada di gunung-gunung Papua, biasanya bergerak dalam kelompok-kelompok kecil, tidak besar seperti yang dibayangkan atau dilihat dari foto yang beredar.

Baca Juga: Pemuda Putus Sekolah Rekrutan KKB Papua Tembak Warga Sipil, Kapolres Intan Jaya: Berbulan-bulan Tidak Muncul, Tahu-tahu Bikin Ulah