Find Us On Social Media :

Penelitinya Orang Asing, Data Penelitian Vaksin Nusantara Nyatanya Disimpan di Server Amerika Serikat, BPOM: Tidak Dapat Ditunjukkan Izin Penelitian...

Ilustrasi vaksinasi.

Gridhot.ID - Vaksin Nusantara kini masih terus menjadi sorotan.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Vaksin ini terus menuai polemik dari beberapa pihak.

Epidemiolog UI Sampai meminta agar Kemenkes berani tidak mendanai vaksin Nusantara.

Kini ada fakta terbaru yang terungkap mengenai vaksin nusantara tersebut.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito mengungkapkan, data-data penelitian vaksin sel dendritik atau yang dikenal sebagai vaksin Nusantara, tersimpan di server Amerika Serikat.

"Data-data penelitian disimpan dan dilaporkan dalam electronic case report form menggunakan sistem elektronik."

"Dengan nama redcap cloud yang dikembangkan oleh AIVITA Biomedical Inc dengan server di Amerika," ungkap Penny lewat keterangan tertulis, Rabu (14/4/2021).

Dikutip Gridhot dari Warta Kota, Ia melanjutkan, kerahasiaan data dan transfer data keluar negeri tidak tertuang dalam perjanjian penelitian, karena tidak ada perjanjian antara peneliti Indonesia dengan AIVITA Biomedical Inc. USA.

Baca Juga: Terawangannya Hampir Jarang Meleset, Mbak You Kembali Bikin geger Netizen dengan Ramalannya Soal Gempa, 3 Wilayah di Pulau Ini Terancam Amblas

Perempuan berhijab ini menuturkan, semua komponen utama pembuatan vaksin yang digagas oleh mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto ini, diimpor dari AS, seperti antigen, GMCSF, medium pembuatan sel, dan alat-alat untuk persiapan.

Jika akan dilakukan transfer teknologi dan dibuat di Indonesia, kata Penny, membutuhkan waktu lama.

Mengingat sampai saat ini Industri farmasi yang bekerja sama dengan AIVITA Biomedica Inc belum memiliki sarana produksi untuk produk biologi, sehingga butuh waktu 2– 5 tahun untuk mengembangkan di Indonesia.