Find Us On Social Media :

Varian Omicron Makin Mengancam, Begini Penjelasan WHO hingga Sri Mulyani Soal Efektivitas Vaksin yang Disebut Jadi Bekal Hadapi B.1.1.529

Fakta varian virus COVID-19 Omicron yang disebut lebih mudah menular.

GridHot.ID - Jumat (26/11/2021) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan varian Omicron (B.1.1.529) sebagai variant of concern (VoC) atas saran dari Kelompok Penasihat Teknis WHO terkait Evolusi Virus (TAG-VE).

Melansir Kompas.com, keputusan tersebut didasarkan bukti yang diberikan TAG-VE bahwa Omicron memiliki beberapa mutasi yang diduga memengaruhi sifatnya, seperti mudah menyebar atau tingkat keparahan penyakit yang ditimbulkan.

Para peneliti di Afrika Selatan dan seluruh dunia tengah melakukan penelitian untuk lebih memahami Omicron.

Baca Juga: Digadang-gadang Jadi yang Paling Mengkhawatirkan, Varian Baru Covid-19 Ini Disebut-sebut 5 Kali Lebih Menular dari Virus Aslinya

WHO bekerja sama dengan mitranya berusaha memahami dampak potensial dari varian Omicron, termasuk efektivitas vaksin.

Masih belum diketahui bagaimana efektivitas vaksin dalam melawan Omicron, tapi WHO menegaskan bahwa vaksin tetap penting untuk mencegah penyakit memburuk dan kematian.

Vaksin saat ini tetap efektif melawan penyakit parah dan kematian.

Baca Juga: Nekat Belum Vaksin Covid-19, Gaji dan Tunjangan ASN dan Perangkat Desa di Wilayah Terancam Ditahan

Saat ini, WHO sedang berkoordinasi dengan sejumlah besar peneliti di seluruh dunia untuk lebih memahami Omicron.

Studi yang sedang berlangsung saat ini termasuk penilaian penularan, tingkat keparahan infeksi (termasuk gejala), kinerja vaksin dan tes diagnostik, dan efektivitas pengobatan.