Find Us On Social Media :

Mudik Lebaran 2022 Sudah di Depan Mata, Ini Tips Mencegah Anak Mabuk Perjalanan, Orang Tua Wajib Tahu

Ilustrasi mudik sekeluarga

Gridhot.ID - Setelah 2 tahun ditiadakan, pemerintah akhirnya memperbolehkan kegiatan mudik saat libur Lebaran 2022 mendatang.

Selama melakukan mudik Lebaran, mabuk perjalanan sering kali dialami oleh anak-anak sehingga orang tua perlu mencegahnya.

Dikutip Kompas.com dari WebMD, mabuk perjalanan (motion sickness adalah perasaan mual yang biasa dirasakan saat perjalanan pesawat, kapal dan bus atau mobil.

Anak-anak antara usia 2-12 tahun lebih rentan mengalami mabuk perjalanan. Sering kali itu datang secara tak terduga dan selalu pada waktu yang tidak tepat.

Gejala mabuk perjalanan biasanya ditandai dengan:

Namun pada anak usia 2 tahun, mereka tidak dapat mengungkapkan apa yang mereka rasakan saat mabuk perjalanan.

Sehingga, mereka hanya nampak lebih rewel dalam perjalanan. Jika saat kecil seseorang mengalami mabuk perjalanan, bisa jadi mereka akan mengalami sakit kepala secara berkala di usia selanjutnya.

Mengutip IDAI, berikut beberapa tips untuk mencegah mabuk perjalanan pada anak:

Baca Juga: Siap-siap Mudik, Catat Jadwal Libur Bersama dan Tanggal Merah untuk Hari Raya Idul Fitri 2022, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

1. Posisi duduk

Posisi duduk yang paling aman dari serangan mabuk perjalanan bagi anak dalam mobil adalah di barisan depan atau tengah.

Bila dalam perjalanan udara, posisi yang paling aman adalah di posisi tengah (sayap) pesawat. Pada posisi ini biasanya guncangan tidak terlalu hebat dibanding tempat duduk lainnya.