Find Us On Social Media :

Jika Membludak, TNI AL Bakal Pakai Kapal Perang untuk Angkut Para Pemudik Sampai ke Tujuan, Begini Penjelasan Laksamana Yudo Margono

Prajurit TNI AL Republik Indonesia

Gridhot.ID - Tahun 2022 ini warga Indonesia sudah sangat antusias untuk melaksanakan mudik Ramadhan.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, bahkan di jalur darat saja pemudik sudah dilaporkan membludak.

Dari laporan yang ada, Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur hingga detik ini masih terus membludak sampai para penumpang yang menunggu tidak tertampung.

Sementara itu, untuk jalur laut sendiri, para pemudik juga memenuhi pelabuhan Merak.

Melihat fenomena ini, TNI juga ikut bersiaga agar libur lebaran tetap lancar tanpa kendala.

Dikutip Gridhot dari Wartakota, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengungkapkan, pihaknya menyiagakan kapal perang untuk mengangkut pemudik, jika armada PT Pelni tidak mencukupi.

Yudo mengatakan, TNI AL telah menyiagakan kapal perang jenis Landing Ship Tank (LST) atau kapal angkut tank, serta kapal Landing Platform Dock (LPD) untuk mengangkut pemudik.

"Kita sudah standby, baik kapal LST maupun kapal LPD, sewaktu-waktu diminta di mana pun untuk mengangkut pemudik, kita siap," tegas Yudo di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (28/4/2022).

Yudo mengaku telah bertemu Dirut Pelni terkait hal tersebut.

Baca Juga: Berat Satuannya Capai Setengah Ton, 2 Patung Macan dari Pemakaman Tionghoa Kediri Diduga Dicuri Sindikat Profesional, Keluarga Bakal Berikan Rp 25 Juta Bagi Siapa Saja yang Mengembalikannya

Dalam pertemuan tersebut, ia menyatakan siap membantu apabila armada PT Pelni tidak cukup.

"Sampai saat ini saya lihat masih cukup, sehingga saya membantu pengamanannya saja, baik di darat waktu mau naik (kapal), dan juga di laut."