Find Us On Social Media :

Bocoran Pendaftaran PPPK 2022, Ada 3 Formasi yang Akan Dibuka, Berikut Bank Soal Contoh Kompetensi Teknis Disertai Kunci Jawaban

Ilustrasi seleksi PPPK 2022 akan dibuka

Gridhot.ID - Pemerintah hanya akan merekrut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2022 ini.

Mengutip Kompas.com, hal tersebut disampaikan melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

"Seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2022, pemerintah fokus melakukan rekrutmen PPPK, dan tahun ini formasi untuk CPNS tidak tersedia," kata Menpan RB, Tjahjo Kumolo pada Minggu (23/1/2022) lalu.

"Berbagai kebijakan tengah disusun sebagai dasar kebijakan dalam pelaksanaan seleksi CASN tahun 2022," imbuhnya.

Tjahjo menjelaskan, rekrutmen PPPK 2022 tertuang dalam Surat Menteri PANRB No. B/1161/M.SM.01.00/2021 tertanggal 27 Juli 2021 perihal Pengadaan ASN Tahun 2022.

Formasi yang dibutuhkan pada Seleksi CASN 2022:

Sementara itu, perlu diketahui bahwa ada empat materi yang diujikan pada seleksi PPPK Guru.

Di antaranya yaitu seleksi kompetensi teknis, manajerial, sosial kultural dan wawancara.

Baca Juga: Tak Ada Seleksi CPNS 2022, Pemerintah Hanya Rekrut PPPK untuk 3 Formasi Ini, Berikut Gajinya dari Golongan I Hingga XVII

Untuk soal PPPK kompetensi teknis akan mendominasi komposisi tes dengan bobot kompetensi teknis sebanyak 60 persen dari nilai soal.

Dalam soal seleksi PPPK Guru, kompetensi teknis mencakup sejumlah soal mengenai pengetahuan guru.

Di antaranya tentang sistem ajar kepada siswa dan bagaimana penilaian yang harus diberikan sebagai guru terhadap kinerja dari para siswa.