Find Us On Social Media :

Tahun 2022 Hanya Dibuka Seleksi P3K, Berikut Contoh Soal PPPK Guru, Pilihan Ganda Kompetensi Teknis Lengkap dengan Pembahasan

Aturan kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2022

Gridhot.ID - Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memastikan tidak ada rekrutmen CPNS tahun 2022.

Menpan RB Tjahjo Kumolo menyampaikan, pada 2022, pemerintah hanya akan merekrut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru dan Non Guru.

"Untuk seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2022, pemerintah fokus melakukan rekrutmen PPPK, dan di tahun ini, formasi untuk CPNS tidak tersedia," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (19/1/2022).

"Untuk itu, berbagai kebijakan tengah disusun sebagai dasar kebijakan dalam pelaksanaan seleksi CASN tahun 2022," imbuh dia.

Adapun seleksi CASN 2022 akan difokuskan untuk merekrut tenaga pendidik, tenaga kesehatan dan tenaga penyuluh.

Mengutip TribunJatim.com, ada 4 materi yang diujikan pada seleksi PPPK Guru di antaranya yaitu seleksi kompetensi teknis, manajerial, sosial kultural dan wawancara.

Berikut ini contoh soal tes PPPK kompetensi teknis untuk guru dikutip dari Kitalulus.com.

Dengan contoh soal latihan PPPK ini, Anda bisa mengasah kemampuan dan meningkatkan kemampuan diri sebelum menghadapi tes.

Adapun pertanyaan tentang kemampuan kompetensi teknis di antaranya mencakup tentang pengetahuan calon guru terkait sistem ajar kepada siswa dan bagaimana penilaian yang harusnya guru berikan kepada kinerja siswanya.

Baca Juga: Bocoran Pendaftaran PPPK 2022, Ada 3 Formasi yang Akan Dibuka, Berikut Bank Soal Contoh Kompetensi Teknis Disertai Kunci Jawaban

1. Guru mengadakan penilaian yang mengacu pada kriteria yang telah ditetapkan dan mencakup semua aspek kompetensi baik afektif kognitif dan psikomotorik itu adalah prinsip penilaian...

a. Beracuan kriteria dan menyeluruhb. Beracuan kriteria dan sistematisc. Akuntabel dan menyeluruhd. Objektif dan menyeluruh

Kunci Jawaban A