Find Us On Social Media :

Siluman F-35A Milik Amerika Serikat yang Dipersenjatai Rudal AMRAAM 'Mematikan' Mendarat di Negara Balkan, Apa Tujuannya?

Pesawat F-35

GridHot.ID - Pasukan Amerika Serikat (AS) bergabung dengan anggota NATO untuk menunjukkan kesiapan tempur di Makedonia Utara pada bulan Mei.

Sebulan kemudian tepatnya pada 17 Juni, pesawat tempur siluman F-35A milik pasukan AS tampil memukau di Makedonia Utara.

Dilansir dari Eurasian Times, dalam putaran lain latihan yang diadakan untuk memberikan jaminan keamanan kepada negara itu, sepasang pesawat tempur F-35A mendarat di Bandara Militer Petrovec dekat Skopje, ibu kota Makedonia Utara.

Pesawat tempur F-35 dipersenjatai dengan AIM-120 Advanced Medium-Range Air-to-Air Missiles atau AMRAAM saat mereka mendarat di Petrovec.

Untuk diketahui, F-35A baru pertama kali mendarat di Makedonia Utara atau negara bagian Balkan lainnya.

Menurut USAFE, komando senior Angkatan Udara AS di Eropa, tujuan pengiriman F-35A ke Makedonia Utara adalah untuk mendemonstrasikan konsep operasi Agile Combat Employment (ACE) dan meyakinkan sekutu NATO.

Organisasi tersebut saat ini sedang mempertimbangkan cara untuk memperkuat pertahanan sayap timurnya lebih jauh agar agresi tidak meluas.

Sementara itu, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menolak mengomentari perubahan apa pun dalam postur pasukan Amerika Serikat di Eropa.

Namun, Austin mengatakan AS dan mitranya akan membuat persiapan untuk mengerahkan tentara, jika perlu, dengan cepat.

Baca Juga: 2 Veteran Tentara Amerika Serikat Akui Menyesal Bela Ukraina Mati-matian, Singgung Propaganda Barat, Ini yang Keduanya Saksikan Selama Berada di Medan Perang

Ini adalah inti dari konsep ACE di AS, yang telah didemonstrasikan dengan pesawat tempur siluman generasi kelima di Makedonia Utara.

Sesuai konsep ACE, Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara Amerika Serikat harus dapat ditempatkan dengan cepat di area tertentu dan melakukan operasi jangka panjang yang tersebar jika perlu.