Find Us On Social Media :

Tak Ada Jakarta, Ini Dia Daftar 11 Daerah yang Wajib Pakai Aplikasi MyPertamina Saat Beli Pertalite dan Solar, Simak Cara Mendaftar dan Pakainya

Ilustrasi foto SPBU Pertamina

Gridhot.ID - Pemerintah bersama Pertamina resmi menjalankan rencananya untuk membatasi pembelian BBM jenis Pertalite.

Dikutip Gridhot dari Tribunnews, sudah sejak lama pemerintah menggodok aturan untuk mengatur pembelian Pertalite dan Solar di masyarakat.

Hal ini disebutkan agar kedua jenis bahan bakar tersebut bisa dibeli kelas masyarakat sesuai sasaran.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, mulai 1 Juli 2022, PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina Patra Niaga, akan melakukan uji coba pembelian Pertalite dan Solar bagi pengguna yang sudah terdaftar pada sistem berbasis aplikasi MyPertamina.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution menjelaskan, dalam penyaluran BBM Subsidi ada aturan baik dari sisi kuota atau jumlah maupun dari segmentasi penggunanya.

Namun, yang saat ini masih terjadi, banyak konsumen yang tak berhak mengonsumsi Pertalite dan Solar.

Jika tidak diatur, besar potensi kuota yang telah ditetapkan selama satu tahun tidak akan mencukupi.

Sistem di aplikasi MyPertamina akan membantu mencocokkan data pengguna.

Bagi pengguna yang sudah melakukan registrasi, baik kendaraan maupun identitas, akan mendapatkan notifikasi melalui e-mail.

Baca Juga: Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Berani Teror Langsung Warga, KKB Papua Tembak Mati Pedagang yang Main Bulutangkis di GOR DPRD, Kapolda Ungkap Kemungkinan Pelaku

Lalu agar lebih memudahkan penggunaan sistem distribusi ini, pengguna terdaftar akan mendapatkan QR code khusus yang menunjukkan bahwa data telah cocok dan bisa membeli Solar atau Pertalite.

Namun demikian, kewajiban penggunaan aplikasi MyPertamina untuk pembelian Solar dan Pertalite dilakukan secara bertahap alias tidak serta merta diterapkan di seluruh Indonesia.