Find Us On Social Media :

Rusia VS Ukraina Saja Sudah Buat Dunia Ketar-ketir, Begini Nasib Rakyat Bumi Jika China Nekat Caplok Taiwan dengan Serangan, Pakar: Depresi Global

Putin dan Xi Jinping

Gridhot.ID - Peperangan Rusia dan Ukraina sudah membuat banyak negara sengsara.

Dikutip Gridhot dari Tribunnews, harga bahan pokok seperti gandum hingga bahan bakar melonjak drastis akibat peperangan Rusia dengan Ukraina.

Inflasi bahkan terjadi di berbagai sudut bumi.

PBB sampai-sampai memberi peringatan ke Jokowi terkait adanya krisis ekonomi yang bisa terjadi di tahun depan.

Kalau peperangan Rusia dengan Ukraina saja bisa sebesar ini dampaknya, lalu apa yang terjadi bila China menyerang Taiwan?

Dikutip Gridhot dari Kontan yang melansir Yahoo News, perang yang melibatkan China akan menjadi jauh lebih buruk. Kunjungan Ketua DPR Nancy Pelosi baru-baru ini ke Taiwan membuat marah pemerintah komunis China. Beijing telah meluncurkan rudal ke pulau itu dan melakukan latihan militer yang mengancam.

Latihan militer itu dimaksudkan untuk mengingatkan dunia bahwa China berencana untuk mencaplok Taiwan suatu hari nanti, baik secara damai atau dengan kekerasan.

Jika hal itu melibatkan konflik bersenjata, kondisi tersebut mungkin akan menyebabkan lebih banyak kerusakan pada ekonomi dunia dan pasar global daripada konfrontasi militer apa pun sejak Perang Dunia II.

Tidak seperti Rusia atau Ukraina, sektor manufaktur pembangkit tenaga listrik China sangat terkait dengan ekonomi di mana-mana, termasuk Amerika Serikat dan Eropa.

Baca Juga: Tidak di TKP Saat Brigadir J Meregang Nyawa, Fahmi Alamsyah Ikut Terseret Sampai Harus Mundur dari Jabatan Penasihat Kapolri, Ini Tugas yang Diberikan Ferdy Sambo Padanya Sampai Geger di Mana-mana

Laut di sekitar China dan Taiwan adalah beberapa jalur pelayaran tersibuk di dunia.

Gangguan masa perang dari semua perdagangan itu akan menghancurkan. Sebelum invasi Rusia ke Ukraina, misalnya, perdagangan AS dengan Rusia adalah US$ 36 miliar per tahun.