Find Us On Social Media :

Temui Langsung Ferdy Sambo, Inilah Profil Ahmad Taufan Damanik, Ketua Komnas HAM yang Ungkap Ada Pelaku Lain yang Tembak Brigadir J: Bukan Hanya Bharada E

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik (kiri) dan Irjen Ferdy Sambo (kanan)

Gridhot.ID - Sosok ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik turut menuai sorotan lantaran sedang menangani kasus Brigadir J.

Ahmad Taufan Damanik telah bertemu dengan tersangka Irjen Ferdy Sambo dan berbicara secara mendalam.

Taufan menyebut bahwa Ferdy Sambo memberikan cukup banyak informasi penting terkait kematian Brigadir J pada 8 Juli 2022 lalu.

Taufan menyebut setidaknya ada 2 pengakuan penting yang disampaikan mantan Kadiv Propam Polri itu.

Pertama, kata Taufan, jenderal bintang dua itu mengaku sebagai otak pembunuhan atau penembakan Brigadir J.

Kedua, Ferdy Sambo juga mengakui sebagai otak yang merancang obstruction of justice.

Lalu apakah Ferdy Sambo mengaku ikut menembak Brigadir J?

"Pada kesempatan kami bicara itu dia belum secara terbuka mengakui itu. Tapi dia katakan, saya tanggung jawab semua," kata Taufan dikutip TribunJakarta.com dari YouTube Narasi Newsroom, Kamis (18/8/2022).

Ferdy Sambo memiliki cara sendiri merancang obstruction of justice atau menghalangi proses hukum.

Taufan menyebut, Ferdy Sambo mengubah tempat kejadian perkara (TKP), menghilangkan sejumlah barang bukti mulai dari dekoder CCTV, alat-alat komunikasi, dan lain sebagainya.

"Termasuk juga mengkondisikan, supaya orang-orang yang menjadi saksi kunci itu memberikan keterangan sebagaimana skenario yang dia buat, yaitu skenario seolah-olah ada tindakan pelecehan seksual di rumah Duren Tiga yang dilakukan oleh saudara Yosua terhadap istrinya," kata Taufan.

Baca Juga: Dicopot Kapolri dan Terancam Pidana, Ini Jejak AKBP Ridwan Soplanit saat Olah TKP di Rumah Dinas Ferdy Sambo, Kesalahannya Masuk dalam Klaster ke-5, Apa Itu?