Find Us On Social Media :

Kasihani Lukas Enembe Diciduk KPK, Inilah Profil Sebby Sambom, Pentolan KKB Papua yang Ternyata Mantan Narapidana

Sebby Sambom, pentolan KKB Papua (kiri) ikut bereaksi keras terhadap penangkapan Lukas Enembe (kanan)

Gridhot.ID - Inilah profil Sebby Sambom, pentolan KKB Papua yang ikut bereaksi keras terhadap penangkapan Lukas Enembe oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa (10/1/2023).

Sebby Sambom yang mengklaim dirinya sebagai juru bicara KKB Papua atau TPNPB-OPM itu mengatakan, penangkapan oleh KPK terkesan membuat Lukas Enembe sebagai penjahat.

Menurut Sebby Sambom, boleh saja Lukas Enembe ditangkap, namun harus diperlakukan baik.

"Kasihan, orang sudah tidak berdaya, baru diborgol lagi," kata Sebby dalam pesan suara, dikutip Tribun-Papua.com, Sabtu (14//1/2023).

"Boleh saja tangkap dan interogasi dia, tapi biasa saja, bukan Jakarta bikin berlebihan. Kasihan Lukas Enembe diciduk seperti anak kecil dan dibuat seperti orang kriminal," ujarnya.

Diketahui, KPK menangkap Lukas Enembe di sebuah restoran di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Selasa (10/1/2023) kemarin sekitar pukul 11.00 WIT.

Setelah itu, Lukas Enembe dibawa ke Mako Brimob Kotaraja.

Kemudian dari Mako Brimob Kotaraja, Lukas dibawa ke Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura untuk diberangkatkan ke Jakarta dan saat ini telah jalani pemeriksaan oleh KPK.

Sebelumnya, Lukas Enembe ditetapkan sebagai tersangka korupsi atas kasus gratifikasi sejak 5 September 2022 lalu senilai Rp 1 miliar.

Selain dicegah bepergian ke luar negeri, sejumlah rekening dengan total nilai sebesar Rp 71 miliar yang diduga terkait dengan Lukas Enembe telah diblokir oleh PPATK.

Lantas siapa sebenarnya Sebby Sambom yang sok-sokan ikut tanggapi penangkapan Lukas Enembe?

Baca Juga: Terungkap Asal Senjata Api KKB Papua, OPM Gunakan Jalur di 2 Negara Ini untuk Penyelundupan, Pengamat: Mereka Kenalnya Hanya Duit