Find Us On Social Media :

Indonesia Tak Menutup Diri dari Normalisasi Hubungan Diplomatik dengan Israel, Menlu Singgung Syarat Mutlak yang Harus Terpenuhi, Apa?

Menlu RI Retno Marsudi Paparkan Capaian Indonesia di Kancah Global

GridHot.ID - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyinggung isu normalisasi hubungan dengan Israel.

Retno Marsudi pun membongkar rencananya terkait hubungan diplomatik dengan Israel.

Rupanya, ada syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh Israel bila ingin hal itu terjadi.

Dilansir dari Kompas.com, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, pemerintah RI tak menutup diri terkait normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel.

Hanya saja, harus ada syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh Israel, yakni pelaksanaan two state solution (solusi dua negara) antara Palestina dengan Israel.

Yang mana ada pengakuan terhadap kemerdekaan Palestina sebagai negara.

"Banyak tekanan kepada Indonesia agar Indonesia mulai melakukan normalisasi hubungan dengan Israel. Dan saya sampaikan kita tidak menutup diri," ujar Retno dalam acara "Sapa Indonesia Malam" sebagaimana dilansir YouTube KompasTV, Sabtu (13/4/2024).

"Tetapi ada syaratnya, yaitu two state solution (solusi dua negara) dapat terwujud, yang berarti Palestina merdeka, Palestina memiliki negara dan diakui oleh Israel, untuk berdampingan dengan Israel," katanya.

Jika hal tersebut direalisasikan, maka Indonesia siap melakukan normalisasi dengan Israel.

Sebaliknya, jika tak ada solusi kedua negara dan tak ada pengakuan kemerdekaan terhadap Palestina, Retno menegaskan Indonesia belum saatnya membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

"Tetapi in the absence of two state solutions, in the absesnce of Palestina merdeka, saya kira belum waktunya kita memikirkan untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel," tegasnya.

Baca Juga: Tentara Bayaran UEA Mengacau Houthi, Siap Serang Kapal Meski Tidak Terkait Isarel Agar AS Lakukan Hal Ini di Laut Merah