Gridhot.ID - Rekrutmen PPPK Guru akan kembali dibuka pada 2022 ini.
Berbeda dengan seleksi tahun sebelumnya, pada rekrutmen PPPK Guru 2022 ada aturan baru dalam proses seleksi kompetensi.
Sistem seleksi kompetensi untuk pelamar umum PPPK Guru 2022 berbeda dengan pelamar prioritas.
Sebab untuk pelamar prioritas sudah tidak perlu menjalani tes kembali pada PPPK Guru 2022.
Seleksi kompetensi bagi pelamar prioritas I menggunakan hasil seleksi tahun 2021.
Sementara pelamar prioritas II dan prioritas III dilakukan dengan menilai kesesuaian kualifikasi akademik, kompetensi, kinerja, dan pemeriksaan latar belakang (background check).
Sedangkan seleksi kompetensi bagi pelamar umum masih sama dengan seleksi tahun lalu.
Yakni seleksi dilakukan dengan CAT-UNBK untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis dan kompetensi sosial kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan.
Terkait jadwal rekrutmen PPPK Guru 2022, Kepala Biro Data Komunikasi dan Informasi Publik Kemenpan RB Mohammad Averrouce, meminta masyarakat untuk bersabar.
"Sabar, nanti diinfokan ya oleh Kemendikbudristek dan BKN, masih proses verifikasi penetapan formasi," terangnya kepada Kompas.com, Senin (13/6/2022).
Sembari menunggu jadwal seleksi PPPK Guru 2022, berikut contoh soal kompetensi teknis untuk materi belajar.
Adapun seleksi kompetensi teknis adalah tes untuk menguji pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku pelamar sesuai dengan jabatan yang dilamar.
Artinya, masing-masing pelamar akan memperoleh soal yang berbeda-beda tergantung dari jabatan yang dilamar.
Berikut adalah contoh soal kompetensi teknis untuk Guru Bimbingan dan Konseling (BK) SMP SMA.
1. Pengembangan materi tugas-tugas perkembangan menjadi tanggung jawab guru BK dalam bentuk...
a. Buku paket, modul, brosur, booklet, poster
b. Observasi, survey, wawancara
c. Panduan layanan bimbingan klasikal
d. Penelitian
Jawaban: A
2. Guru bimbingan dan konseling menyampaikan topik materi tentang landasan etik dan kehidupan relegius di kelas X. Teknik yang tepat layanan bimbingan klasikal adalah...
a. Self regulated learning
b. Classroom meeting model
c. Problem solving
d. Moral dilemma
Jawaban: D
3. Di suatu kelas, mayoritas siswa memerlukan informasi tentang gender, maka desain layanan bimbingan dan konseling adalah...
a. Layanan responsif
b. Layanan studi kasus
c. Layanan konseling klasikal
d. Layanan bimbingan klasikal
Jawaban: D
4. Disamping tes prestasi belajar, teknik asesmen yang tepat digunakan jika guru bimbingan dan konseling atau konselor hendak menentukan apakah siswa telah berprestasi sesuai dengan kemampuannya atau belum adalah...
a. Questionnaire
b. Tes inteligensi
c. Wawancara
d. Observasi
Jawaban: B
5. Dalam konteks program bimbingan dan konseling saat ini sebagai komponen pendidikan yang berbasis konstruksi, maka perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program bimbingan dan konseling diprioritaskan untuk...
a. Mengadakan penyesuaian dengan tuntutan zaman
b. Membantu siswa-siswa menyelesaikan masalahnya
c. Menentukan pilihan pendidikan dan karir yang rasional
d. Memenuhi kebutuhan dan mengembangkan potensi siswa
Jawaban: D
6. Seorang guru telah menyelenggarakan kegiatan bimbingan secara kelompok. Secara manajemen setelah kegiatan selesai maka yang dilakukan guru BK adalah....
a. Mendokumentasi kegiatan layanan bimbingan kelompok dan hanya sebagai bahan informasi untuk guru BK
b. Merencanakan layanan bimbingan berikutnya sesuai dengan kebutuhan guru BK
c. Mendokumentasi dan melaporkan hasilnya pada pihak-pihak yang memerlukan
d. Melakukan follow up dan merencnakan konseling individual
Jawaban: C
7. Pada layanan bimbingan dan konseling, peran media grafis menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan prinsip-prinsip layanan bimbingan dan konseling, hal ini disebabkan...
a. Kecakapan guru bimbingan dan konseling dalam penguasaan media grafis menjadi hard skill
b. Media grafis sebagai syarat utama dalam pengembangan media layanan bimbingan dan konseling
c. Tampilan media lebih menarik jika ditambah dengan desain grafis, tanpa mengurangi substansi isi layanan bimbingan dan konseling
d. Pada era teknologi informasi, penguasaan keterampilan desain grafis menjadi kompetensi utama
Jawaban: C
8. Pada penelitian tindakan bimbingan dan konseling diperoleh sejumlah data kualitatif mengenai kemampuan siswa dalam self regulated learning, maka prosedur yang dilakukan dalam proses pengolahan dan analisis data adalah...
a. Deskripsi, analisis, interpretasi data, simpulan
b. Deskripsi data, validasi data, analisis dan interpretasi data, simpulan
c. Kategorisasi data, validasi data, deskripsi data, analisis dan interpretasi data, dan simpulan
d. Deskripsi data, kategorisasi data, validasi data, analisis dan interpretasi data, dan simpulan
Jawaban: D
Untuk diketahui, kumpulan soal ini hanya contoh dan tidak menjamin muncul pada seleksi PPPK Guru 2022, serta kunci jawaban tidak mutlak menjamin kebenarannya.
(*)
Penulis | : | Candra Mega Sari |
Editor | : | Candra Mega Sari |
Komentar