Gridhot.ID - Inilah kisi-kisi dan contoh soal PPPK 2023 untuk formasi Pranata Hubungan Masyarakat (Humas) Ahli Pertama, lengkap dengan kunci jawaban.
Diketahui, Pranata Humas Ahli Pertama menjadi satu di antara formasi yang dibuka dalam perekrutan PPPK 2023.
Salah satu instansi yang membuka formasi Pranata Humas Ahli Pertama yakni Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).
Bagi Anda yang berminat mengambil formasi Pranata Humas Ahli Pertama di rekrutmen PPPK 2023, maka pahami setiap kisi-kisi yang ada dalam artikel ini.
Adapun kisi-kisi yang ada hanya sebagai bahan Anda untuk mencari referensi soal guna persiapan menghadapi seleksi PPPK.
Pasalnya, semakin banyak Anda latihan soal maka semakin besar peluang Anda lolos untuk menempati posisi yang dipilih.
Selain kisi-kisi, dalam artikel ini juga merangkum contoh soal kompetensi teknis formasi Pranata Humas Ahli Pertama untuk bahan belajar.
Dikutip dari laman belajarbro.id dan kanal YouTube Arra Alesha, berikut adalah kisi-kisi dan contoh soal kompetensi teknis untuk formasi Pranata Humas Ahli Pertama.
Kisi-kisi soal formasi Pranata Humas Ahli Pertama berdasarkan PERMENPANRB No. 6 Tahun 2014
Contoh soal kompetensi teknis formasi Pranata Humas Ahli Pertama
1. Proses tata kelola yang meliputi kegiatan analisis situasi (pengumpulan data dan fakta), strategi (perencanaan dan program), implementasi (tindakan dan komunikasi), dan evaluasi (pengukuran hasil) merupakan...
a. Sasaran Pedoman Umum Tata Kelola Kehumasan
b. Ruang Lingkup Pedoman Umum Tata Kelola Kehumasan
c. Manfaat Tata Kelola Kehumasan
d. Pemantapan Kelembagaan Humas
e. Tujuan Kelola Kehumasan
Kunci jawaban : B
2. Asas yang menuntut praktisi humas tidak memihak dalam melaksanakan tugas disebut...
a. Keterbukaan
b. Objektif
c. Jujur
d. Tepat janji
e. Etis
Kunci jawaban : B
3. Kegiatan atau upaya yang dilakukan oleh pejabat fungsional Pranata Humas untuk melakukan pemeriksaan, analisis dan evaluasi terhadap proses atau sistem komunikasi internal dan eksternal di lingkungan instansi pemerintah dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas suatu kegiatan atau program komunikasi disebut...
a. Pelayanan informasi dan kehumasan
b. Pelaksanaan hubungan eksternal
c. Pelaksanaan hubungan internal
d. Audit komunikasi kehumasan
e. Verifikasi kehumasan
Kunci jawaban : D
4. Pelayanan informasi melalui jajaring sosial, telepon, surat elektronik, dan pusat layanan informasi merupakan pelayanan informasi yang diberikan oleh Pranata Humas secara...
a. Klasikal
b. Otomatisasi
c. Ekstensif
d. Stationer
e. Inklusif
Kunci jawaban : D
5. (1) Pembangun hubungan internal dan eksternal
(2) Penyelenggara pertemuan dan koordinasi antar intansi
(3) Penyedia informasi pemerintah
(4) Pengatur pertemuan instansi pemerintah dengan media massa
(5) Pendorong upaya pemberdayaan masyarakat
Di atas adalah bagian dari...
a. Strategi Humas Pemerintah
b. Kode Etik Humas Pemerintah
c. Visi Humas Pemerintah
d. Misi Humas Pemerintah
e. Tujuan Humas Pemerintah
Kunci jawaban : A
Perlu diingat, ini hanya soal latihan yang sangat mungkin berbeda dengan soal PPPK 2023 yang akan datang.
(*)
Penulis | : | Candra Mega Sari |
Editor | : | Candra Mega Sari |
Komentar