Find Us On Social Media :

Perkuat Kavaleri TNI, Kendaraan Tempur Ini Miliki Efek kejut Mematikan untuk Dobrak Kekuatan Lawan, Sudah Ada Sejak Perang Dunia Jadi Salah Satu Alutsista Matara Darat Tersukses

M113 APC

Gridhot.ID - Salah satu pelajaran penting yang telah menjadi kajian klasik perihal doktrin maupun taktik pertempuran, adalah blitzkrieg alias serangan kilat.

Taktik yang dipopulerkan dan menjadi trademark pasukan tank Jerman kala Perang Dunia II itu hingga kini masih menjadi benchmark bagi pengembangan kekuatan mekanis kavaleri maupun infanteri.

Meski Jerman keok dalam PD II, keberhasilan blitzkrieg di fase awal perang memang tak pernah kehilangan daya tarik untuk dikaji.

Baca Juga: Kejam dan Mata Duitan, Sebelum Ditetapkan Jadi Tersangka Otak Pembunuhan PN Medan Jamaluddin, Zuraida Hanum Pernah Ambil Uang Duka dan Tagih Pensiunan Suaminya

Salah satu poinnya adalah betapa pentingnya faktor kecepatan dan daya gempur bagi satuan tank disertai dukungan infanteri yang memiliki mobilitas setara satuan tank, guna memberi efek kejut yang mematikan dalam fase pendobrakan kekuatan lawan.

Menarik diingat, sebuah alutsista buatan Jerman yang pada masanya dianggap sebagai sebuah terobosan berani yaitu halft rack.

Sesuai namanya, kendaraan pengangkut pasukan tersebut memiliki dua jenis penggerak berbeda yaitu roda rantai (track) di belakang dan roda ban (wheel) di bagian depan.

Baca Juga: Jadi Sahabat Akrab Hingga Turut Rasakan Perkembangan Pesat TVRI Dibawah Pimpinan Helmy Yahya, Apni Jaya Putra Kaget Adanya Putusan Pemecatan Dirut Secara Mendadak: Aku Bangga Jadi Timmu, Percaya Kau Tak Sendiri!

Hasil akhir dari upaya Jerman “mengawinkan” keunggulan dua jenis penggerak itu sebenarnya tidak bisa dianggap terlalu sukses.