Find Us On Social Media :

Entah Gengsi Atau Cari Tantangan, Ngetren Youtuber Saling Beradu Bikin Konten Santap Makanan Super Pedas, Dokter Peringatkan Hal Ini

Ilustrasi makanan pedas

Gridhot.ID - Seperti bisa kita lihat sendiri, beberapa waktu belakangan beberapa food vlogger tanah air saling berlomba-lomba untuk membuat konten makan makanan pedas di kanal YouTube mereka.

Bukan sebuah rahasia lagi, hal itu sengaja mereka lakukan untuk menarik perhatian dari viewers sekaligus menuruti permintaan subscribers mereka.

Padahal, pilihan para food vlogger untuk membuat konten tersebut dapat membahayakan kesehatan mereka sendiri, khususnya bagi sistem pencernaan.

Baca Juga: Beda Jauh dengan Indonesia, Korea Utara Jebloskan Siapa Saja yang Menolak Pakai Masker ke Kamp Kerja Paksa Mengerikan, Disiksa dan Dibiarkan Kelaparan Layaknya Penjara Masa Penjajahan

Chairman Junior Doctors Network Indonesia yang sekaligus dokter spesialis penyakit dalam, dr Andi Khoemeini, SpPD, mengatakan, memakan banyak cabai sekali makan bukan cara yang baik untuk mengonsumsi makanan pedas.

"Kalau berlebihan juga tidak bagus, terutama kalau yang konsumsi memiliki riwayat pendarahan lambung atau iritasi lambung. Jadi, ya kita sebaiknya memperhatikan itu saja, karena kadar pedas tiap orang berbeda-beda," ujar Andi, seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

Andi menambahkan, iritasi lambung karena konsumsi cabai berlebihan juga dapat menimbulkan efek jangka panjang terhadap tubuh. 

Baca Juga: Tutup Jalan Rumah Tetangganya Sebelahnya Sendiri, Pria di Ponorogo Ini Ternyata Emosi Bertahun-tahun Cuma Gara-gara Kotoran Ayam, Sang Tetangga Sampai Harus Manjat Kursi untuk Masuk ke Rumahnya Sendiri

Ketika tubuh tidak cocok dengan konsumsi cabai berlebihan, umumnya akan menimbulkan iritasi lambung, yang biasanya ditandai dengan sakit perut, nyeri ulu hati, diare, dan gejala lainnya.