Find Us On Social Media :

Dipercaya Lebih Ganas dari Kopassus, Pasukan Harimau Indonesia Jadi Tim Khusus yang Paling Ditakuti Masa Perang, Penjaga Terakhir Soekarno yang Bergerak Senyap Hingga Tak Tercatat Negara

Soekarno dan Eisenhower

Gridhot.ID - Pasukan yang satu ini jarang sekali tersorot media.

Pasukan Harimau Indonesia Indonesia memang sangat jarang sekali dibicarakan.

Padahal kemampuan pasukan ini disebut lebih mengerikan dibanding Kopassus.

Pasukan Harimau Indonesia Indonesia sendiri memiliki sejarah yang cukup panjang, dimulai saat Presiden Soekarno lakukan proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945.

Informasi ini sulit diterima oleh masyarakat khususnya rakyat Sulawesi Selatan karena masih jarang yang memiliki radio.

Oleh sebab itu, pasukan NICA dan KNIL yang sudah dibebaskan oleh pasukan Jepang memanfaatkan situasi tersebut untuk mengambil alih kekuasaan.

Pasukan NICA dan KNIl yang dengan cepat melakukan konsolidasi itu langsung memiliki pengaruh karena didukung persenjataan hasil rampasan dari pasukan Jepang yang sudah menyerah kepada Sekutu.

Pada 24 September 1945, pasukan Sekutu (Australia-Belanda) mendarat di Makassar untuk melaksanakan misi pembebasan tawanan pasukan Belanda yang ditahan Jepang.

Baca Juga: Tontonkan Aksi Protes Kritik Pemerintah, Kementerian Digital Thailand Minta Pengadilan Blokir Stasiun Televisi yang Lakukan Siaran, Pemimpin Redaksi TV: Kami Bersikeras Lanjutkan Pekerjaan Kami!

Selain itu, mereka juga melucuti persenjataan pasukan Jepang.

Pasukan Sekutu juga membekali diri dengan 'surat sakti', yakni Perjanjian Postdam yang ditandatangani pada 26 Juli 1945.

Perjanjian itu berisi bahwa 'wilayah yang diduduki musuh' atau occupied area harus dikembalikan kepada penguasa semula.