Find Us On Social Media :

Perusahaan Korea Selatan Disebut-sebut Jadi Dalang di Balik Kebakaran Hutan di Papua, KLHK Bertanya-tanya: Kenapa Baru Diekspos Sekarang?

Ilustrasi kebakaran hutan.

 

GridHot.ID - Sebuah tim investigasi baru-baru ini mengungkap sebuah kebakaran hutan di Papua.

Disebutkan, terdapat dugaan bahwa sebuah anak perusahaan Korea Selatan di Papua lah yang melakukan pembakaran hutan tersebut.

Aksi pembakaran hutan tersebut disebut-sebut sengaja dilakukan untuk memperluas perkebunan sawit.

Baca Juga: Keberadaan Mayat Pria Tanpa Busana di Hutan Jati Bikin Warga Ketakutan, Kondisinya Telentang dengan Tangan Terangkat dan Kaki Mengangkang, Begini Kata Polisi

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menegaskan bahwa video kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di konsesi sawit di Papua yang diekspos Greenpeace adalah video tahun 2013.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Penegakan Hukum KLHK, Rasio Ridho Sani, di Jakarta, Jumat (13/11/2020).

“Investigasi yang diekspos Greenpeace menyebutkan bahwa video yang digunakannya itu adalah video tahun 2013,” tegas Rasio dalam keterangan rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (13/11/2020).

Baca Juga: Menangis Terisak, Istri Cai Cangpan Ungkap Permintaan Terakhir Suaminya Sebelum Ditemukan Tewas Gantung Diri di Hutan, Nuryannah: Keadaan Buru-buru...

Rasio mempertanyakan mengapa video investigasi yang dilakukan tujuh tahun lalu, baru diekspos sekarang oleh Greenpeace. Ia mengatakan, seharusnya Greenpeace segera melaporkan bukti video tujuh tahun lalu itu kepada pihak terkait, pada saat itu.