Find Us On Social Media :

Bertahun-tahun Ditelantarkan, Mimpi Timor Leste Gabung Keanggotaan ASEAN Harus Pupus di Tengah Jalan, Bumi Lorosae Putuskan Ambil Tindakan Ini

Foto bendera Timor Leste.

GridHot.ID - Negara Timor Leste sudah sangat lama mengungkapkan keinginannya untul bergabung menjadi anggota ASEAN.

Namun hal itu urung terkabul.

Menurut New Mandala, keanggotaan Timor Leste untuk menjadi bagian dari ASEAN ternyata sangat penting.

Bahkan hal itu bisa memengaruhi eksistensi negara kecil yang kerap terabaikan itu, untuk mendongkrak berbagai sektor di negaranya.

Tidak hanya negara kecil, Timor Leste telah melewati pendudukan Indonesia, yang dianggap menghancurkan ekonomi dan infratstrukturnya.

Baca Juga: Kisah Jet Tempur Hawk Indonesia Nyaris Rontokkan Pesawat F-18 Australia di Langit Dili, Pilot TNI AU Siap Tembakkan Rudalnya, Tapi Justru Begini Endingnya

Oleh sebab itu, negara kecil itu menghadapi tantangan pascakonflik, termasuk suaranya didengar di forum regional dan internasional.

Salah satunya adalah Timor Leste sangat ingin bergabung dengan ASEAN.

Timor Leste menyatakan keinginannya untuk menjadi bagian dari ASEAN segera setelah pemulihan kemerdekaan pada tahun 2002.

Pada bulan Juli 2005, ia menjadi anggota Forum Regional ASEAN (ARF) dan menandatangani Perjanjian ASEAN tentang Persahabatan dan Kerja Sama pada tahun 2007.

Baca Juga: Ketemu Paskhas TNI AU di Timor Leste, Ratusan Prajurit Pasukan Khusus Australia Langsung Mati Kutu Padahal Sudah Diperintahkan untuk Siap Perang dan Adu Senjata, Kemampuan Ini yang Buat Mereka Takut dengan Indonesia