Find Us On Social Media :

Konon Dibangun Wali Sanga Dalam Waktu Sehari Semalam, Masjid Agung Cipta Rasa Jadi Bukti Sejarah Penyebaran Islam di Wilayah Cirebon

Masjid Agung Cipta Rasa Cirebon

GridHot.ID - Membahas sejarah penyebaran Islam di Indonesia memang tak pernah ada habisnya.

Banyak masjid-masjid bersejarah tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Masjid-masjid bersejarah ini tentu menyimpan segudang cerita penyebaran agama Islam di tanah Air.

Menjelang bulan Ramadhan, menilik kembali sejarah Islam dengan mengunjungi beberapa masjid bersejarah memang menjadi salah satu hal yang paling menyenangkan.

Wisata religi mengelilingi masjid-masjid bersejarah bisa menjadi salah satu pilihan kegiatan yang dapat kamu lakukan di bulan Ramadhan.

Pasalnya, selain kaya akan nilai sejarah, masjid-masjid di Indonesia memiliki arsitektur yang beragam sehingga kamu bisa turut takjub akan ciptaan para leluhur di Tanah Air.

Dilansir dari Kompas.com, Islam diperkirakan telah masuk ke nusantara sejak abad ke-7, setelah Indonesia berhubungan dagang dengan negeri India, Cina, dan Arab.

Sejak abad ke-7 itu, sudah banyak peninggalan-peninggalan bersejarah yang masih dapat kamu temui secara utuh di tahun 2022 ini.

Salah satu peninggalan bersejarah tersebut adalah Masjid Cipta Rasa Cirebon.

Baca Juga: Dulunya Pondok Pesantren, Begini Sejarah Berdirinya Masjid Tiban di Malang yang Mirip Bangunan Kerajaan 

Masjid yang juga disebut sebagai Masjid sunan Gunung Jati ini dibangun pada tahun 1498 M.

Menariknya, masjid yang satu ini terletak di kompleks Keraton Kasepuhan Cirebon, masjid ini disebut-sebut sebagai masjid tertua di Cirebon.