Find Us On Social Media :

Mengancam Nyawa, 4 Penyakit Ini Mengintai Penderita Kolesterol Tinggi, Ada Tiga Jenis Buah yang Ampuh Jadi Obat Alami

Ilustrasi sayuran dan buah-buahan

Gridhot.ID - Kolesterol tinggi atau low-density lipoprotein (LDL) meningkatkan risiko penyakit mamatikan.

Normalnya, jumlah kolesterol total yang ada pada tubuh orang dewasa berada di angka 200 mg/dl. Angka tersebut direkomendasikan oleh ahli medis untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Jika sudah melebihi angka tersebut, maka seseorang dinyatakan memiliki kadar kolestrol tinggi yang mengancam kesehatan.

Berdasarkan penjelasan dr. Santi yang hadir pada program Health Corner sebagai narasumber di Sonora FM, kolestrol tinggi dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya muncul dan mengancam nyawa.

Kolestrol LDL yang menempel pada dinding pembuluh darah akibat jumlahnya yang tinggi akan menyebabkan aliran darah terhambat.

Aliran darah yang memiliki diameter berbeda-beda dan semakin menyempit pada ujungnya akan sangat berbahaya jika tersumbat oleh endapan kolestrol.

Endapan kolestrol ini yang menyebabkan darah kesumbat dan menyebabkan stroke berat jika yang area alirah darah berada di bagian otak.

Selain itu, dr. Santi juga menjelaskan jika endapan kolestrol terbawa kembali oleh aliran darah dan hanya terjadi sekejap saja, maka ini dikatakan sebagai stroke ringan.

Meskipun dianggap ringan, jangan pernah sepelekan jenis stroke tersebut. Ini lantaran stroke ringan dapat menjadi berat dalam hitungan satu hingga dua hari berdasarkan perkataan dr. Santi.

Baca Juga: Ketahui dari Sekarang, Miliki Kolesterol Tinggi Juga Berisiko Alami Alzheimer, Berikut Penjelasan dan Gejalanya

Di sisi lain, endapan kolestrol yang terjadi pada aliran darah mengarah pada jantung dapat menyebabkan angina atau nyeri dada. Ini hanya bersifat sementara karena endapan kolestrol terbawa kembali oleh aliran darah.

Namun menjadi lain cerita ketika endapan kolestrol tersebut menempel kuat pada aliran darah mengarah ke jantung.