Find Us On Social Media :

Isi Bahan Bakar di Atas Selat Sunda, Angkatan Udara Perancis Pamerkan Kemampuan Gila Rafale yang Bakal Jadi Senjata Mematikan TNI AU, Prabowo Belum Puas dan Sedang Pikir-pikir untuk Tambah Pesawat Ini

Jet Tempur Rafale yang melayang di atas Selat Sunda

Gridhot.ID - Indonesia kini sedang berusaha memperkuat ototnya.

Dikutip Gridhot dari Kontan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto diketahui terus melakukan belanja besar-besaran untuk memperkuat TNI di tengah kondisi dunia yang tak stabil.

Salah satu daftar belanja yang paling mengagumkan adalah pembelian jet tempur Rafale.

Indonesia resmi membeli 6 jet tempur Dassault Rafale dari Prancis.

Ini setelah dilakukannya penandatanganan perjanjian kerjasama antara Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Menteri Angkatan Bersenjata Perancis Florence Parly pada Kamis (10/2).

Beberapa waktu lalu, salah satu jet tempur Rafale juga sudah mampir ke Indonesia untuk diicip-icip.

Kini dikutip Gridhot dari Kompas.com, Angkatan Udara Perancis unjuk kebolehan melakukan demonstrasi pengisian bahan bakar pesawat tempur rafale di udara, menggunakan pesawat tanker Airbus A330-MRTT (Multirole Tanker Transport), di atas Selat Sunda pada Senin (13/9/2022).

Operasi ini merupakan bagian dari misi Pegase 2022 Armee De L'air (AU Perancis) di Asia Pasifik, dalam kunjungannya ke bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, setelah mengikuti latihan gabungan Pitch Black 2022 di Australia.

Demonstrasi pengisian bahan bakar di udara tersebut menggunakan metode drogue and probe, yaitu selang bahan bakar yang dijulurkan dari pesawat tanker, kemudian diterima oleh probe yang ada di pesawat tempur.

Meski A330 MRTT milik AU Perancis juga memiliki flying boom di ekornya, namun, metode drogue and probe di sayap digunakan sesuai dengan jenis pesawat yang diisi, yaitu Rafale yang memiliki probe pengisian bahan bakar di hidung pesawat.

Bahan bakar tersebut disimpan dalam "buddy pod" yang dicantolkan di sayap pesawat tanker, dan memiliki selang yang bisa ditarik ulur.

Baca Juga: PT PAL Turun Tangan, Armada Tempur TNI AL KRI Yos Sudarso 353 Docking di Dok Gali Irian, Ini Sederet Perbaikan yang Akan Dilakukan