Find Us On Social Media :

KKB Papua Kini Morat-marit, Sebby Sambom Bantah Klaim Komnas HAM Temui Panglima OPM hingga Sindir Kelompok Demianus Magai Yogi: Itu Binaan TNI/Polri

Jubir OPM/ KKB Papua, Sebby Sambom

GridHot.ID - Panglima Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua disebut-sebut menemui Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Komnas HAM menyebut KKB Papua ingin adanya perdamaian.

Namun, pengakuan Komnas HAM itu dibantah langsung oleh jubir KKB Papua, Sebby Sambom.

Melansir Surya.co.id, diberitakan sebelumnya, dialog damai antara Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua dengan Pemerintah Indonesia, disebut-sebut akan segera terwujud.

Bahkan Komnas HAM menyebut pihak OPM bersedia untuk berdamai.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan, jalan terbaik menghentikan kebrutalan KKB Papua adalah berdialog untuk mencapai perdamaian.

"Komnas HAM melihat jalan terbaik bagi penyelesaian kekerasan konflik yang ada di Papua adalah dialog damai," ujar Taufan saat ditemui di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat.

Seperti dilansir dari Kompas.com dalam artikel 'Komnas HAM: Jalan Terbaik Hentikan Kekerasan di Papua adalah Dialog Damai'.

Ide dialog damai itu, kata Taufan, mulai dijajaki Komnas HAM sejak tahun 2021.

Awalnya gagasan ini ditolak, baik dari Kelompok Kekerasan Bersenjata (KKB), Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Beberapa kali Komnas HAM menjajaki ide perdamaian ke Papua, berakhir dengan penolakan, bahkan sampai ada aksi demonstrasi.

Baca Juga: Nyanyi Yel-yel Kebanggaan, KKB Papua Kibarkan Bendera Bintang Kejora Usai Merasa di Atas Angin Kuasai Gedung Sekolah di Maybrat, Jubir OPM Sebby Sambom Sampaikan 3 Fakta