Find Us On Social Media :

Sebar Foto dan Video Pilot Susi Air, KKB Papua Egianus Kogoya Ancam Tembak Kapten Philips yang Disandera: TNI Polri Jangan Mengejar

Foto pimpinan KKB Papua Egianus Kogoya bersama pilot pesawat Susi Air.

GridHot.ID - Pilot Pesawat Susi Air, Kapten Philips Martens, masih dicari keberadaanya sampai sekarang oleh aparat TNI-Polri.

Ada dugaan bahwa pilot pesawat Susi Air itu disandera oleh KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya.

Dugaan itu semakin kuat manakala Juru Bicara TPNBPB-OPM, Sebby Sambom, menyebarkan video dan foto pilot Susi Air yang sedang bersama Egianus Kogoya.

Melansir Kompas.com, Sebby Sambom menyebarkan video yang berisi pernyataan Egianus Kogoya bahwa ia menyandera pilot setelah pesawat Susi Air mendarat di Lapangan Terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, pada 7 Februari 2023.

Sebby Sambom juga menyebarkan video yang menunjukkan proses pembakaran pesawat Susi Air dengan nomor registrasi PK-BVY.

Sementara itu, dalam foto yang disebarkan Sebby Sambom, tampak Kapten Philips yang menggunakan pakaian berbeda. Ada saat ia memakai celana panjang dengan jaket jeans, lalu di gambar lain ia memakai celana pendek dengan kaus hitam dan jaket jeans. Ia juga menggunakan topi rimba.

Egianus Kogoya dalam video tersebut menyatakan menyandera Kapten Philips bukan untuk tebusan materi.

Selain itu, Egianus Kogoya juga mengancam akan menembak Kapten Philips apabila aparat TNI-Polri berusaha mengejar mereka.

"TNI-Polri jangan mengejar kami sampai Kulduruan (nama kurang jelas), kalau kejar pilot kami tembak," kata dia.

Selain itu, Egianus Kogoya menyatakan tidak akan melepas pilot sampai tuntutannya dipenuhi.

Menurut dia, ia akan terus membawa sang pilot memutari Kabupaten Nduga untuk menghindari kejaran aparat keamanan.

Baca Juga: Penuh Ketenangan, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman Kirim Pasukan Rahasia untuk Cari Pilot Susi Air yang Disebut Diculik KKB Papua Egianus Kogoya