Gridhot.ID - Proses seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru 2022 akan kembali dibuka.
Berbeda dengan seleksi tahun sebelumnya, pada rekrutmen PPPK Guru 2022 ada aturan baru dalam proses seleksi kompetensi.
Berdasarkan PermenPAN-RB Nomor 20 Tahun 2022, pengadaan PPPK Guru 2022 dapat diikuti oleh 2 kategori, yaitu pelamar prioritas dan pelamar umum. Berikut rinciannya:
Pelamar prioritas I
Pelamar prioritas II
Pelamar prioritas III
Lulusan PPG yang terdaftar di database kelulusan PPG Kemendikbudristek serta pelamar yang terdaftar di Dapodik bisa melamar melalui kategori Pelamar Umum.
Seleksi kompetensi bagi pelamar prioritas I menggunakan hasil seleksi tahun 2021.
Sementara pelamar prioritas II dan prioritas III dilakukan dengan menilai kesesuaian kualifikasi akademik, kompetensi, kinerja, dan pemeriksaan latar belakang (background check).
"Arahnya kita tidak hanya ingin memenuhi kuantitas yang memang shortage (kekurangan) saat ini, tetapi yang memenuhi nilai ambang batas di tahun 2021 kita berikan prioritas," jelas Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Alex Denni dikutip dari laman menpan.go.id, Kamis (9/6/2022).
Sedangkan untuk seleksi kompetensi bagi pelamar umum masih sama dengan seleksi tahun 2021.
Seleksi dilakukan dengan CAT-UNBK untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis dan kompetensi sosial kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan.
Melansir laman belajarbro.id, berikut contoh soal kompetensi teknis untuk Guru Bimbingan dan Konseling (BK) SMP SMA.
Adapun seleksi kompetensi teknis adalah tes untuk menguji pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku pelamar sesuai dengan jabatan yang dilamar.
Artinya, masing-masing pelamar akan memperoleh soal yang berbeda-beda tergantung dari jabatan yang dilamar.
1. Guru bimbingan dan konseling menyampaikan topik materi tentang landasan etik dan kehidupan relegius di kelas X. Teknik yang tepat layanan bimbingan klasikal adalah...
a. Self regulated learning
b. Classroom meeting model
c. Problem solving
d. Moral dilemma
Jawaban: D
2. Pada skala keterampilan pro-sosial rata-rata populasi sebesar 120. Jika siswa B memperoleh skor 110, artinya...
a. Simpangan baku skor siswa B adalah 10/n
b. Keterampilan pro-sosial siswa B di bawah rerata
c. Keterampilan pro-sosial siswa B tetap sama dengan rerata
d. Keterampilan pro-sosial siswa B kategori rendah
Jawaban: B
3. Di suatu kelas, mayoritas siswa memerlukan informasi tentang gender, maka desain layanan bimbingan dan konseling adalah...
a. Layanan responsif
b. Layanan studi kasus
c. Layanan konseling klasikal
d. Layanan bimbingan klasikal
Jawaban: D
4. Pengembangan materi tugas-tugas perkembangan menjadi tanggung jawab guru BK dalam bentuk...
a. Buku paket, modul, brosur, booklet, poster
b. Observasi, survey, wawancara
c. Panduan layanan bimbingan klasikal
d. Penelitian
Jawaban: A
5. Disamping tes prestasi belajar, teknik asesmen yang tepat digunakan jika guru bimbingan dan konseling atau konselor hendak menentukan apakah siswa telah berprestasi sesuai dengan kemampuannya atau belum adalah...
a. Questionnaire
b. Tes inteligensi
c. Wawancara
d. Observasi
Jawaban: B
6. Hasil analisis berikut ini cenderung membutuhkan pelayanan bimbingan pribadi-sosial...
a. Prestasi belajar 25% siswa underachiever
b. 80% siswa cemas menghadapi ujian nasional
c. Kebanyakan siswa tidak tahu akan kemana setelah lulus
d. Hampir semua siswa mengeluh akan sikap seorang gurunya
Jawaban: D
7. Dalam konteks program bimbingan dan konseling saat ini sebagai komponen pendidikan yang berbasis konstruksi, maka perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program bimbingan dan konseling diprioritaskan untuk...
a. Mengadakan penyesuaian dengan tuntutan zaman
b. Membantu siswa-siswa menyelesaikan masalahnya
c. Menentukan pilihan pendidikan dan karir yang rasional
d. Memenuhi kebutuhan dan mengembangkan potensi siswa
Jawaban: D
8. Seorang guru telah menyelenggarakan kegiatan bimbingan secara kelompok. Secara manajemen setelah kegiatan selesai maka yang dilakukan guru BK adalah....
a. Mendokumentasi kegiatan layanan bimbingan kelompok dan hanya sebagai bahan informasi untuk guru BK
b. Merencanakan layanan bimbingan berikutnya sesuai dengan kebutuhan guru BK
c. Mendokumentasi dan melaporkan hasilnya pada pihak-pihak yang memerlukan
d. Melakukan follow up dan merencnakan konseling individual
Jawaban: C
9. Pada layanan bimbingan dan konseling, peran media grafis menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan prinsip-prinsip layanan bimbingan dan konseling, hal ini disebabkan...
a. Kecakapan guru bimbingan dan konseling dalam penguasaan media grafis menjadi hard skill
b. Media grafis sebagai syarat utama dalam pengembangan media layanan bimbingan dan konseling
c. Tampilan media lebih menarik jika ditambah dengan desain grafis, tanpa mengurangi substansi isi layanan bimbingan dan konseling
d. Pada era teknologi informasi, penguasaan keterampilan desain grafis menjadi kompetensi utama
Jawaban: C
10. Pada penelitian tindakan bimbingan dan konseling diperoleh sejumlah data kualitatif mengenai kemampuan siswa dalam self regulated learning, maka prosedur yang dilakukan dalam proses pengolahan dan analisis data adalah...
a. Deskripsi, analisis, interpretasi data, simpulan
b. Deskripsi data, validasi data, analisis dan interpretasi data, simpulan
c. Kategorisasi data, validasi data, deskripsi data, analisis dan interpretasi data, dan simpulan
d. Deskripsi data, kategorisasi data, validasi data, analisis dan interpretasi data, dan simpulan
Jawaban: D
Untuk diketahui, kumpulan soal ini hanya contoh dan tidak menjamin muncul pada seleksi PPPK Guru 2022, serta kunci jawaban tidak mutlak menjamin kebenarannya.
(*)
Source | : | Kompas.com,Belajarbro.id |
Penulis | : | Candra Mega Sari |
Editor | : | Candra Mega Sari |
Komentar