Gridhot.ID -Proses seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru 2022 akan kembali dibuka.
Berbeda dengan seleksi tahun sebelumnya, pada rekrutmen PPPK Guru 2022 ada aturan baru dalam proses seleksi kompetensi.
Berdasarkan PermenPAN-RB Nomor 20 Tahun 2022, pengadaan PPPK Guru 2022 dapat diikuti oleh 2 kategori, yaitu pelamar prioritas dan pelamar umum. Berikut rinciannya:
Pelamar prioritas I
- Tenaga Honorer eks Kategori II (THK-II), guru non-ASN, lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG), dan guru swasta, yang memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK JF Guru Tahun 2021, tetapi belum mendapat formasi.
- THK-II
- Guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik dan masa kerja minimal 3 tahun.
Seleksi kompetensi bagi pelamar prioritas I menggunakan hasil seleksi tahun 2021.
Sementara pelamar prioritas II dan prioritas III dilakukan dengan menilai kesesuaian kualifikasi akademik, kompetensi, kinerja, dan pemeriksaan latar belakang (background check).
"Arahnya kita tidak hanya ingin memenuhi kuantitas yang memang shortage (kekurangan) saat ini, tetapi yang memenuhi nilai ambang batas di tahun 2021 kita berikan prioritas," jelas Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Alex Denni dikutip dari lamanmenpan.go.id, Kamis (9/6/2022).
Sedangkan untukseleksi kompetensi bagi pelamar umum masih sama dengan seleksi tahun 2021.
Seleksi dilakukan dengan CAT-UNBK untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis dan kompetensi sosial kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan.
Melansir lamanbelajarbro.id, berikut contoh soal kompetensi teknis untuk GuruBimbingan dan Konseling (BK) SMP SMA.
Adapun seleksi kompetensi teknis adalah tes untuk menguji pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku pelamar sesuai dengan jabatan yang dilamar.
Artinya, masing-masing pelamar akan memperoleh soal yang berbeda-beda tergantung dari jabatan yang dilamar.
1. Guru bimbingan dan konseling menyampaikan topik materi tentang landasan etik dan kehidupan relegius di kelas X. Teknik yang tepat layanan bimbingan klasikal adalah...
a. Self regulated learningb. Classroom meeting modelc. Problem solvingd. Moral dilemma
Jawaban: D
2. Pada skala keterampilan pro-sosial rata-rata populasi sebesar 120. Jika siswa B memperoleh skor 110, artinya...
a. Simpangan baku skor siswa B adalah 10/nb. Keterampilan pro-sosial siswa B di bawah reratac. Keterampilan pro-sosial siswa B tetap sama dengan reratad. Keterampilan pro-sosial siswa B kategori rendah
Jawaban: B
3. Di suatu kelas, mayoritas siswa memerlukan informasi tentang gender, maka desain layanan bimbingan dan konseling adalah...
a. Layanan responsifb. Layanan studi kasusc. Layanan konseling klasikald. Layanan bimbingan klasikal
Jawaban: D
4. Pengembangan materi tugas-tugas perkembangan menjadi tanggung jawab guru BK dalam bentuk...
a. Buku paket, modul, brosur, booklet, posterb. Observasi, survey, wawancarac. Panduan layanan bimbingan klasikald. Penelitian
Jawaban: A
5. Disamping tes prestasi belajar, teknik asesmen yang tepat digunakan jika guru bimbingan dan konseling atau konselor hendak menentukan apakah siswa telah berprestasi sesuai dengan kemampuannya atau belum adalah...
a. Questionnaireb. Tes inteligensic. Wawancarad. Observasi
Jawaban: B
6. Hasil analisis berikut ini cenderung membutuhkan pelayanan bimbingan pribadi-sosial...
a. Prestasi belajar 25% siswa underachieverb. 80% siswa cemas menghadapi ujian nasionalc. Kebanyakan siswa tidak tahu akan kemana setelah lulusd. Hampir semua siswa mengeluh akan sikap seorang gurunya
Jawaban: D
7. Dalam konteks program bimbingan dan konseling saat ini sebagai komponen pendidikan yang berbasis konstruksi, maka perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program bimbingan dan konseling diprioritaskan untuk...
a. Mengadakan penyesuaian dengan tuntutan zamanb. Membantu siswa-siswa menyelesaikan masalahnyac. Menentukan pilihan pendidikan dan karir yang rasionald. Memenuhi kebutuhan dan mengembangkan potensi siswa
Jawaban: D
8. Seorang guru telah menyelenggarakan kegiatan bimbingan secara kelompok. Secara manajemen setelah kegiatan selesai maka yang dilakukan guru BK adalah....
a. Mendokumentasi kegiatan layanan bimbingan kelompok dan hanya sebagai bahan informasi untuk guru BKb. Merencanakan layanan bimbingan berikutnya sesuai dengan kebutuhan guru BKc. Mendokumentasi dan melaporkan hasilnya pada pihak-pihak yang memerlukand. Melakukan follow up dan merencnakan konseling individual
Jawaban: C
9. Pada layanan bimbingan dan konseling, peran media grafis menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan prinsip-prinsip layanan bimbingan dan konseling, hal ini disebabkan...
a. Kecakapan guru bimbingan dan konseling dalam penguasaan media grafis menjadi hard skillb. Media grafis sebagai syarat utama dalam pengembangan media layanan bimbingan dan konselingc. Tampilan media lebih menarik jika ditambah dengan desain grafis, tanpa mengurangi substansi isi layanan bimbingan dan konselingd. Pada era teknologi informasi, penguasaan keterampilan desain grafis menjadi kompetensi utama
Jawaban: C
10. Pada penelitian tindakan bimbingan dan konseling diperoleh sejumlah data kualitatif mengenai kemampuan siswa dalam self regulated learning, maka prosedur yang dilakukan dalam proses pengolahan dan analisis data adalah...
a. Deskripsi, analisis, interpretasi data, simpulanb. Deskripsi data, validasi data, analisis dan interpretasi data, simpulanc. Kategorisasi data, validasi data, deskripsi data, analisis dan interpretasi data, dan simpuland. Deskripsi data, kategorisasi data, validasi data, analisis dan interpretasi data, dan simpulan
Jawaban: D
Untuk diketahui, kumpulan soal ini hanya contoh dan tidak menjamin muncul pada seleksi PPPK Guru 2022, serta kunci jawaban tidak mutlak menjamin kebenarannya.
(*)