Find Us On Social Media :

Terungkap Fakta Baru, ABK Indonesia Sempat Minta Jenazah Disimpan di Ruang Berpendingin dan Kelak Dikubur Secara Layak di Daratan, Kapten Kapal China Justru Lakukan Ini

Viral video jenazah ABK asal Indonesia dibuang ke laut

Laporan Wartawan Gridhot, Desy Kurniasari

Gridhot.ID - Masyarakat Indonesia dibuat geram dengan adanya kabar bahwa anak buah kapal (ABK) asal Indonesia yang dieksploitasi.

Kabar ini diberitakan oleh kantor berita Korea Selatan, MBC, yang kemudian diulas oleh Jang Hansol melalui kanal YouTube Korea Reomit.

Melansir Kompas.com, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri menyatakan, pemerintah sejak awal memiliki perhatian serius terhadap permasalahan anak buah kapal (ABK) Indonesia yang diduga dieksploitasi sehingga meninggal dunia di kapal ikan berbendera China.

Baca Juga: Putranya Direkrut Calo, Keluarga ABK Ini Sebut Tak Tahu Menahu Pelarungan Anaknya, Juriah: Tidak Pernah Menelepon

Seperti diketahui, viral sebuah video yang ditayangkan media Korea Selatan, memperlihatkan bagaimana jenazah ABK Indonesia yang bekerja di kapal ikan China dilarung ke tengah laut.

"Dari informasi yang diperoleh KBRI, pihak kapal telah memberi tahu pihak keluarga dan mendapat surat persetujuan pelarungan di laut dari kelurga tertanggal 30 Maret 2020. Pihak keluarga juga sepakat menerima kompensasi kematian dari kapal Tian Yu 8," kata Retno.

Menurut Retno, Kemenlu sudah menghubungi pihak keluarga agar hak-hak ABK tersebut dapat terpenuhi.

Baca Juga: Jelas-jelas Langgar Ketentuan Surat Pernyataan Soal Kremasi ABK Indonesia, Pihak China Bela Kapten Kapal Long Xing 629: Sesuai Dengan Praktik Kelautan Internasional

Kendati demikian, pihaknya meminta penjelasan pemerintah China terkait pelarungan tiga ABK Indonesia tersebut.