Find Us On Social Media :

Tak Hanya Bikin Awet Muda, Rajin Minum Teh Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi dan Tekanan Darah, Begini Penjelasan Dokter

Ilustrasi - Minum teh bisa menurunkan kadar kolesterol

Gridhot.ID - Di bulan Ramadhan, makanan berlemak dan gorengan sering kali dikonsumsi terutama saat berbuka puasa.

Padahal, kebiasaan seperti inilah yang membuat kadar kolesterol dalam tubuh melonjak.

Seperti diketahui, kadar kolesterol tinggi bisa memicu berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke hingga diabetes.

Selain itu, kebanyakan orang sering berfokus pada apa yang dimakan untuk menurunkan kolesterol, padahal apa yang kita minum juga dapat memengaruhi kadar kolesterol.

Salah satunya adalah teh.

Mengutip Kompas.com, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dr. Vito Anggarino Damay, mengatakan bahwa teh memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Salah satunya adalah kandungan antioksidan dalam teh yang mampu mencegah kerusakan sel tubuh akibat paparan radikal bebas.

"Ternyata teh itu punya antioksidan untuk bisa membantu supaya menjaga elastisitas pembuluh darah jantung supaya enggak banyak yang rusak," kata dr. Vito.

Hal tersebut dijelaskan dr. Vito ketika live Instagram bersama SariWangi pada Kamis (7/4/2022) lalu.

Baca Juga: Penyuka Telur Asin Harus Waspada, Ahli Peringatkan Bahayanya, Ancaman Kolesterol Tinggi dan Penyakit Kronis Mengintai Anda

Di sisi lain, dr. Vito yang juga menjadi influencer kesehatan itu menyebut meminum teh dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

Dilansir dari Very Well Health, antioksidan dalam teh memang telah terbukti mengendurkan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah.