Find Us On Social Media :

Jepang Ketar-ketir, Jet Tempur dan Helikopter China Terbang di Atas Kapal Induk Liaoning Dekat Okinawa, PLAN Berpotensi Makin Gagah Berani

Kapal induk Liaoning Angkatan Laut China terlihat dalam tangkapan layar ini dari video yang dirilis oleh angkatan laut.

GridHot.ID - China sepertinya tengah melakukan latihan militer ekstensif.

Jet tempur dan helikopter China dilaporkan mengudara di atas kapal induk Liaoning miliknya di dekat Okinawa.

Jet tempur dan helikopter China ini telah melakukan lebih dari 100 pendaratan dan lepas landas dalam kurun waktu seminggu terakhir.

Hal itu tentu saja berpotensi memperkuat Angkatan Laut China (PLAN) untuk berfungsi di tempat yang lebih jauh.

Melansir Eurasian Times, Kamis (12/5/2022), Menteri Pertahanan Jepang Nobui Kishi mengatakan kegiatan China ini terjadi di perairan antara 160 kilometer barat daya Pulau Okidaito di Prefektur Okinawa dan 150 kilometer selatan Pulau Ishigaki.

"Aktivitas baru-baru ini oleh militer China mungkin merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk mengoperasikan kapal induk dan melakukan operasi di perairan dan wilayah udara yang lebih jauh," kata Kishi dalam konferensi pers, Selasa (10/5/2022).

"Mengingat kegiatan ini berada di laut dan wilayah udara dekat Kepulauan Nansei Jepang dan Taiwan, kita harus memperhatikan kegiatan ini dengan penuh perhatian," lanjutnya.

Kegiatan Lepas landas dan pendaratan berlanjut selama enam hari hingga Minggu.

Setelah lepas landas dari kapal induk, jet tempur juga terlihat membumbung tinggi dalam formasi.

Baca Juga: Buru Kapal Selam dan Jet Superior China, AS Kerahkan Kapal Perusak Tercanggih yang Bisa Memuat Helikopter MH-60R ke Jepang

Menurut Kementerian Pertahanan, delapan kapal perang China pada 1 dan 2 Mei, termasuk Liaoning dan kapal perusak berpeluru kendali canggih, melewati Selat Miyako antara pulau utama Okinawa dan Pulau Miyako.

Selama enam hari berikutnya, armada melakukan perjalanan di daerah antara pulau Okidaito dan Ishigaki, dengan pesawat tempur berbasis kapal induk dan helikopter melakukan pelatihan pendaratan dan lepas landas.