Gridhot.ID -Pembahasan mengenai anti radikalisme masuk dalam materi TKP pada tes SKD CPNS 2021.
Diketahui, SKD CPNS 2021 terdiri dari tiga materi yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
TKP terdiri dari 45 soal.
Soal-soal dalam kelompok soal ini mencakup hal-hal terkait dengan pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, jejaring kerja, integritas diri, semangat berprestasi.
Selain itu, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, bekerja mandiri dan tuntas.
Juga kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, bekerjasama dalam kelompok, serta kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Republik Indonesia nomor 27 tahun 2021, pengadaan soal Anti Radikalisme bertujuan untuk menjaring informasi dari individu.
Hal itu terkait dengan pengetahuan terhadap anti radikalisme, cara sikap, dan bertindak ketika menanggapi stimulus atas beberapa kemungkinan situasi.
Berbeda dengan dua kelompok soal sebelumnya, TWK dan TIU, nilai untuk kelompok soal ini terbesar 5 dan tidak ada nilai nol (0) untuk setiap jawaban.
Melansir TribunJateng.id, berikut contoh soal TKP Anti Radikalisme CPNS 2021 beserta kunci jawabannya:
1. Anda memiliki rekan kerja satu angkatan penerimaan CPNS yang sudah sangat akrab. Ternyata, saat upacar peringatan kemerdekaan tanggal 17 Agustus, Anda melihat rekan Anda tersebut tidak melakukan hormat bendera saat momen penghormatan kepada bendera merah putih. Sikap Anda adalah...
a. Melaporkan kepada atasan dan direktur agar rekan tersebut segera dipanggil
b. Melaporkan dan mengusulkan kepada atasan agar rekan kerja tersebut diberikan pembinaan ideologi Pancasila
c. Mendukung rekan kerja Anda karena menghormati bendera adalah thogut
d. Mendiamkan saja karena hal tersebut merupakan kebebasan berekspresi
e. Langsung menelepon pihak berwajib
Jawaban: A. 4 B. 5 C. 1 D. 2 E. 3
2. Anda adalah ASN baru di sebuah kantor pelayanan Anda sementara tinggal di sebuah kontrakan yang tidak jauh dari kantor.
Di lingkungan tempat Anda tinggal, kepala desa mengusulkan bahwa akan diadakan kenduri rutin tiap Kamis malam yang bertujuan untuk menangkal paham-paham radikalisme dan mempererat rasa kebersamaan antar masyarakat di lingkungan tersebut.
Sikap Anda terhadap rencana kegiatan kenduri rutin adalah…
a. Menyetujui usulan tersebut meskipun dengan berat hati karena tidak sesuai dengan kebiasaan saya sebelumnya
b. Menyetujui usulan tersebut dan bersedia mengikuti kenduri rutin tersebut karena pentingnya upaya mencegah paham radikalisme
c. Menyetujui usulan tersebut dan bersedia mengikuti kenduri rutin karena mengharapkan adanya makanan sesuai kenduri
d. Menolak usulan tersebut dan dengan segera meninggalkan ruang rapat karena menurut saya acara itu tidak penting
e. Diam saja dan tidak memperdulikan usulan kepala dsa tersebut karena tidak berdampak pada kehidupan saya
Jawaban: A. 3 B. 5 C. 4 D. 1 E. 2
3. Anda beserta 3 rekan lain adalah pegawai baru di sebuah kantor pelayanan. Di kantor Anda, terdapat loket pelayanan sebanyak 3 loket. Anda sebagai pegawai baru ditugaskan pada loket1 urusan administrasi surat menyurat, sedangkan reka kerja baru Anda ditugaskan pada loket 2 urusan pembayaran.
Pada suatu siang, ada seseorang meminta pelayanan pada loket 2 yang dijaga rekan Anda. Anda mendapati pelayanan rekan Anda terhadap orang tersebut secara tidak ramah dan cenderung malas-malasan.
Padahal, pelayanan rekan Anda sebelum seseotang tersebut datang tampak ramah dan melayani. Anda segera menanyakan kepada reka Anda mengapa pelayanannya berubah hanya pada seseorang tersebut.
Rekan Anda menjawab bahwa seseorang tersebut tidak selairan dengan dia. Sikap Anda melihat peristiwa tersebut adalah…
a. Membiarkan kondisi tersebut karena anda juga tidak sealiran dengan seseorang yang meminta pelayanan tadi
b. Mengambil alih pelayanan pada loket 2 yang dijaga rekan Anda dan melayani orang tersebut dengan ramah dan sepenuh hati
c. Mengambil alih pelayanan pada loket 2 yang dijaga rekan Anda dan melayani orang tersebut meskipun dengan terpaksa
d. Mendiamkan saja kondisi tersebut seakan tidak terjadi apa-apa dalam loket pelayanan
e. Memanggil seseorang tersebut dan menginstruksikan untuk pindah ke loket 1 untuk Anda berikan pelayanan
Jawaban: A. 1 B. 5 C. 3 D. 2 E. 4
(*)