Gridhot.ID - Jelang rekrutmen PPPK Guru 2022, sudahkan Anda menyiapkan diri untuk ujian?
Diketahui, total ada 803.018 formasi PPPK Guru 2022 untuk Pusat dan Daerah
Berdasarkan Permenpan-RB Nomor 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan PPPK Guru pada Instansi Daerah Tahun 2022, ada penggolongan pada pelamar.
Seleksi kompetensi bagi pelamar prioritas I menggunakan hasil seleksi tahun 2021. Artinya tidak perlu lagi mengikuti ujian CAT-UNBK.
Kategori pelamar prioritas I adalah tenaga honorer kategori II (THK), guru non-ASN, lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG), dan guru swasta, yang memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK Jabatan Fungsional Guru Tahun 2021, tetapi belum mendapat formasi.
Sedangkan pelamar prioritas II yaitu THK II. Pelamar prioritas III adalah guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik dan masa kerja minimal 3 tahun.
Pelamar prioritas II dan III dilakukan dengan menilai kesesuaian kualifikasi akademik, kompetensi, kinerja, dan pemeriksaan latar belakang (background check).
Sedangkan bagi pelamar umum, seleksi PPPK Guru 2022 masih sama dengan seleksi tahun lalu.
Seleksi dilakukan dengan CAT-UNBK untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosial kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan.
Sembari menunggu jadwal seleksi PPPK Guru 2022, berikut contoh soal kompetensi teknis untuk materi belajar.
Seleksi kompetensi teknis adalah tes untuk menguji pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku pelamar sesuai dengan jabatan yang dilamar.
Artinya, masing-masing pelamar akan memperoleh soal yang berbeda-beda tergantung dari jabatan yang dilamar.
Melansir laman Belajarbro.id, berikut contoh soal kompetensi teknis untuk Guru Bimbingan dan Konseling (BK) SMP SMA.
1. Guru bimbingan dan konseling ingin meningkatkan kemampuan empati pada siswa namun belum mempunyai metode yang tepat maka penelitian yang menjadi prioritas adalah melakukan penelitian...
a. Penelitian korelasional
b. Penelitian tindakan
c. Penelitian survey
d. Eksperimen
Jawaban: B
2. Penghargaan konselor secara positif tanpa syarat terhadap konseli dikenal dengan...
a. Positive regard
b. Unconditional regard
c. Conditional positive regard
d. Unconditional positive regard
Jawaban: D
3. Media bimbingan dan konseling dengan desain grafis dapat mendukung efektifitas layanan. Yang termasuk media yang dapat disampaikan melalui media grafis adalah...
a. Poster, booklet, brosur, makalah
b. Internet
c. Blogging, chat room, media sosial
d. Poster, booklet, brosur
Jawaban: D
4. Berdasarkan analisis kebutuhan pada sebuah SMA diperoleh data, 80% siswa tidak ada rencana apapun setelah lulus, 15% siswa akan mengikuti program kursus dan 5% siswa memilih untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Desain layanan bimbingan dan konseling yang tepat adalah...
a. Layanan bimbingan karir pada siswa yang sudah menentukan pilihan setelah lulus SMA
b. Konseling kelompok pada kelompok yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi
c. Pengembangan paket informasi tentang orientasi karir
d. Pengembangan media bimbingan dan konseling untuk memfasilitasi 80% siswa yang belum memiliki rencana setelah lulus
Jawaban: C
5. Tujuan penyelenggaraan bimbingan kelompok adalah...
a. Untuk mempelajari proses menemukan diri
b. Membahas pelaksanaan bimbingan kelompok
c. Mengarahkan individu sesuai dengan keinginan orang tua
d. Memudahkan konseli mengungkapkan masalahnya
Jawaban: A
6. Aspek tugas perkembangan siswa harus difasilitasi agar berkembang sesuai dengan tugas perkembangannya. Desain untuk memfasilitasi tugas-tugas perkembangan siswa dapat berupa layanan...
a. Bimbingan klasikal
b. Konseling individual
c. Layanan responsif
d. Perencanaan individual
Jawaban: A
7. Asesmen dalam bimbingan dan konseling dimaksudkan untuk analisis kebutuhan siswa dan sekolah. Temuan tersebut akan menjadi dasar dalam...
a. Menemukan masalah siswa
b. Menentukan upaya penyelesaian masalah
c. Merancang program bimbingan dan konseling
d. Merancang calon konselor yang akan membantu
Jawaban: C
8. Mengenal norma-norma pernikahan dan berkeluarga merupakan salah satu aspek perkembangan yang dapat dikenalkan pada siswa jenjang...
a. Mulai sekolah menengah pertama
b. Mulai sekolah menengah atas
c. Mulai perguruan tinggi
d. Setelah memasuki dunia kerja
Jawaban: B
9. Kesetaraan gender dalam kehidupan sosial ditunjukkan dengan...
a. Menghargai peranan diri dan orang lain sebagai laki-laki atau perempuan dalam kehidupan
b. Mengenal diri sebagai laki-laki atau perempuan
c. Berkolaborasi secara harmonis dengan lain jenis dalam keragaman peran
d. Menjunjung tinggi nilai-nilai kodrat laki-laki atau perempuan sebagai dasar dalam kehidupan sosial
Jawaban: C
10. Strategi penilaian paling tepat untuk mengetahui beberapa aspek psikologis siswa seperti partisipasi, antusiasme, kesungguhan hati dan toleransi adalah...
a. Tes
b. Check list
c. Observasi
d. Otobiografi
Jawaban: C
Untuk diketahui, kumpulan soal ini hanya contoh dan tidak menjamin muncul pada seleksi PPPK Guru 2022, serta kunci jawaban tidak mutlak menjamin kebenarannya.
(*)
Source | : | Tribunnews.com,Belajarbro.id |
Penulis | : | Candra Mega Sari |
Editor | : | Candra Mega Sari |
Komentar